JANGAN REMEHKAN PENYAKIT WASIR

Janganlah remehkan penyakit wasir (ambeien), karena Kamu bisa dibuat menderita seumur hidup, khususnya jika wasir yang tidak ditanggulangi hingga tuntas ke akar-akarnya.

Penyakit Wasir begitu menyiksa penderitanya, dari mulai kesulitan untuk duduk, sakit saat berjalan dan terlebih saat BAB.

PENYAKIT WASIR

Wasir (ambeien) atau hemoroid merupakan pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar. Pembuluh darah yang kena wasir berada pada dalam atau di sekitar bokong, yakni di dalam rektum ataupun di dalam anus.

Dokter ahli wasir ini mengatakan didalam blognya, kebanyakan hemoroid merupakan penyakit ringan dan malah tidak menimbulkan gejala. Bila saja terdapat tanda-tanda wasir, umumnya yang kerap terjadi adalah:

  • Pendarahan sehabis BAB. Warna darah yang warnanya merah terang
  • Terdapat lendir sehabis BAB.
  • Benjolan tergantung di luar anus. Benjolan ini umumnya musti didorong lagi ke dalam usai buang air besar.
  • Pembengkakan, rasa sakit, serta kemerahan di daerah anus.
  • Mengalami gatal-gatal di daerah anus.
  • Pembuluh darah bisa membengkak di dalam anus serta tidak bisa terlihat, ini disebut sebagai hemoroid internal. Pembengkakan pun bisa terjadi di luar anus yang rasanya lebih nyeri, yakni di dekat lubang anus, disebut sebagai hemoroid eksternal.

Yang menyebabkan Kemunculan Wasir (Hemoroid)

Penyebab hemoroid sebetulnya masih tidak jelas. Namun, penyakit ini dikaitkan dengan adanya peningkatan tekanan darah didalam pembuluh darah yang berada di anus dan sekitarnya.

Peningkatan tekanan darah di daerah anus serta rektum dapat disebabkan karena kelewat lama mengejan ketika BAB. Konstipasi menjadi penyebab utama dari orang mengejan. Konstipasi yang ada umumnya akibat dari kekurangan nutrisi serat dalam makanan. Simak artikel tentang Laparoskopi ini dari situs pak Dokter Eko.

Beberapa hal yang meningkatkan resiko Kamu kena hemoroid:

  1. Sering mengangkat benda berat dengan rutin.
  2. Usia makin tua, yang membuat penopang jaringan tubuh jadi makin lemah.
  3. Batuk terus menerus dan sering muntah.
  4. Kelebihan berat badan.
  5. Mempunyai riwayat kesehatan keluarga yang sakit hemoroid.
  6. Sering duduk dalam waktu lama.
  7. Sedang hamil, karena perubahan hormonal.
  8. Gangguan pencernaan, seperti diare ataupun sembelit yang bertahun-tahun (kronis).

Apakah Wasir dapat disembuhkan hingga ke akar-akarnya? BISA! Kuncinya, ialah PERUBAHAN GAYA HIDUP. Perubahan Gaya Hidup Untuk Mencegah Serta Mengobati Wasir

Gejala hemoroid dapat menghilang setelah sekian hari tanpa membutuhkan penanganan.

Hemoroid yang timbul di masa kehamilan bakal menghilang dengan sendirinya sehabis Kamu melahirkan. Namun menjadikan perubahan gaya hidup untuk mengurangi nyeri pada pembuluh darah anus dan sekelilingnya sangat disarankan. Perubahan lifestyle yang dimaksud ialah:

  1. Minum banyak air putih. Batasi mengkonsumsi kafein serta minuman beralkohol. Dianjurkan untuk minum air sulingan Bioglass 2+ untuk membantu proses penyembuhan.
  2. Menambah asupan serat dalam makanan: sayuran, buah, beras merah ataupun beras cokelat, biji-bijian, kacang-kacangan, serta biji-bijian utuh.
  3. Tidak menunda-nunda untuk BAB. Kebalikannya, bila melupakan dorongan untuk BAB, bisa membuat tinja keras dan kering sampai memaksa kita harus mengejan ketika buang air besar.
  4. Berolahraga dengan teratur: Bisa mencegah terjadinya konstipasi, mengurangi tekanan darah, serta membantu menurunkan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.